Pimpinan DPR Minta Golkar Segera Usulkan Siapa Pengganti Setya Novanto


Mutiara Safitri 2017-12-12 13:20:42 Politik 87 kali

Agus Hermanto (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,-  Rapat Badan Musyawarah DPR RI yang berlangsung lebih dari empat jam kemarin memutuskan untuk tak melantik Azis Syamsuddin sebagai Ketua DPR. Pimpinan DPR meminta Fraksi Partai Golkar melakukan konsolidasi internal dulu untuk mengajukan nama pengganti Setya Novanto yang telah mengundurkan diri.

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto berharap Partai Golkar segera memfinalisasi usulan pengganti Setya Novanto. Sebab, penunjukan Aziz Syamsuddin oleh Setya Novanto sebagai penggantinya tidak langsung diproses karena ada perbedaan sikap di Fraksi Partai Golkar.

"Saya serahkan kepada Partai Golkar untuk difinalisasi sehingga nantinya tentunya unsur lainnya hanya untuk satu surat karena kalau ada dua surat kan tentunya kita tidak dapat memproses untuk dapat lebih lanjut," ujar Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2017).

Menurut Agus, pergantian baru bisa dilakukan usai masa reses berakhir pada awal Januari 2018. Kekosongan kursi ketua DPR, lanjut Agus, telah diputuskan dalam rapat pimpinan dengan menunjuk Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Fadli Zon sebagai Pelaksana Tugas Ketua DPR.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu memastikan kerja DPR tak akan terganggu dengan kekosongan ketua DPR ini. "Karena dulu pas Pak Setnov mengundurkan diri kan ada Plt juga. Semuanya berjalan dengan lancar dan untuk nantinya Plt DPR masa baktinya selesai pada saat memang sudah ada ditentukan secara definitif ketua DPR yang baru," kata Agus.

Agus menilai proses penunjukkan Fadli sebagai Plt Ketua DPR adalah hal yang biasa dan sesuai dengan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MD3.

"Ini adalah suatu proses yang biasa yang sesuai dengan undang-undang MD3 yang ada nya adalah seperti itu dan sehingga kita harus memenuhi dari aturan-aturan yang ada," tukas Agus.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close