Jokowi: Kita akan Jadikan Maluku Sebagai Wilayah Lumbung Ikan

Foto: Presiden Jokowi (foto: istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,- Presiden Joko Widodo sempat meninjau pelabuhan usai menghadiri puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Kota Ambon, Maluku. Jokowi menilai, Maluku memiliki kekuatan di bidang perairan dan perikanan yang sangat besar.
Setelah menghadiri puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Lapangan Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis (9/2/2017), Jokowi meninjau sebuah panggung yang berada di tepi laut. Di sana tersaji ikan-ikan segar berbagai jenis dan ukuran.
"Tadi kan kita lihat, Maluku ini mempunyai potensi kekuatan besar di perikanan," kata Jokowi.
Oleh sebab itu, lanjut Jokowi, pemerintah akan segera memproses penetapan Provinsi Maluku sebagai wilayah lumbung ikan.
"Itu nanti diproses melalui keputusan menteri atau Keprres, Maluku sebagai Lumbung Ikan. Ini penting karena bisa menjadi payung bagi program dan kebijakan ke depan bagi Maluku," katanya.
"Kalau kita lihat tadi, semua ikan ada di sini. Tuna ada di sini, di kepulauan Maluku dan sekitarnya, gede-gede lagi, cakalang juga gede-gede," tambahnya.
Selain itu, Jokowi juga akan memproyeksikan Maluku sebagai wilayah yang memiliki ciri khusus kepulauan. Jokowi mengatakan, pemerintah ingin menonjolkan sisi wilayah perairan Indonesia.
"Penghitungan DAU (Dana Alokasi Umum) seperti apa, DAK (Dana Alokasi Khusus), karena bagaimanapun 2 per tiga wilayah negara kita adalah air, samudera, seperti itu harus ada. Jangan berdasar darat saja, nanti kepulauan menjadi kelihatan dibedakan. Padahal kepulauan yang menjadi fokus bagi pemerintah kita sekarang," jelas Jokowi.

Sumber : Detik.com

Baca Lainnya

close