Pemkab OKI Sediakan Tempat Isolasi Covid-19 di Teluk Gelam

Bupati dan Wakil Bupati didampingi Kapolrea serta Dandim 0402/OKI.

KAYU AGUNG, Kabar28.com,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI), menyediakan tempat isolasi khusus bagi warganya yang terpapar Covid-19.

Ada 52 kamar tersedia di gedung A dan B. Pada tiap kamar dilengkapi tempat tidur, pendingin ruangan (AC), lemari pakaian, serta kamar mandi. Bagi pasien yang beruntung, jendela kamar akan langsung mendapat view Danau Teluk Gelam yang indah.

Fasilitas ODP center Teluk Gelam ini mulai dioperasikan sejak Maret 2020 diresmikan Bupati OKI, Iskandar penggunaannya.

Wisma karantina ini melayani pasien dengan tanpa gejala, dan pasien dengan gejala ringan hingga sedang atau tanpa memerlukan bantuan pernasapan (oksigen).

Dokter jaga diisolasi terpusat Teluk Gelam, Rika Dayanti mengatakan, ada beberapa hal yang perlu disiapkan ketika pasien Covid-19 melakukan isolasi, seperti ruangan isolasi yang nyaman, cukup terpapar matahari, ventilasi cukup, dan akses kamar mandi yang baik.

"Selain itu, salah satu kunci sukses pasien Covid-19 dalam menjalani isolasi ialah ketersediaan makanan, obat-obatan yang cukup, support dari lingkungan," katanya.

Selain itu, sambungnya, mengkonsumsi obat-obatan sesuai anjuran tenaga medis, tidak kurang tidak lebih. Bila perlu disediakan pula obat-obatan kronis lainnya. Kemudian termometer, pulse oximeter, tekanan darah, serta glucometer.

"Karena di Teluk Gelam merupakan isolasi terpusat, obat-obatan hingga menu makanan pasien isolasi terjamin oleh pemerintah daera," pungkasnya.

Rizki, salah satu pasien isolasi di ODP Center Teluk Gelam mengingatkan kepada masyarakat, untuk tidak ragu melakukan isolasi terpusat di Teluk Gelam jika terpapar Covid-19.

“Kami di sini dilayani dengan baik, makanan dan obat-obatan terjamin. Jadi masyarakat yang ada gejala Covid-19 agar jangan ragu melakukan isolasi terpusat di sini, selain menjaga anggota keluarga lainnya tidak terpapar, kita juga tentu ingin cepat sembuh,” terangnya. (rel)

Baca Lainnya

close