Ingin Miliki Rumah? ke Perumahan Ini Solusinya

Rumah yang selesai dibangun

PALEMBANG, Kabar28.com,- PT. Bangun Cakra Mandiri (BCM) yang menaungi Griya Harmoni Raya, Palembang merupakan perumahan khusus Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Komisaris Utama PT BCM, Andi Sapura Salam mengatakan, walaupun kelas MBR namun kualitas perumahan tersebut tidak diragukan lagi, luas lahannya 2,7 hektar.

"Pondasinya menggunakan batu bata dan sloff beton bertulang, dindingnya batako diplaster luar-dalam dan dicat tampak depan. Kusennya menggunakan kayu kelas III, daun pintu menggunakan double plywood, daun jendela menggunakan kayu kelas III, atap menggunakan multitroff rangka baja dan diplafond," katanya, Sabtu (17/7/2021).

Lanjutnya, lantai dikeramik, listrik prabayar, sumber airnya sumur gali. Type perumahan 36/88 meter persegi. Jangka waktu Kredit Pemilikan Rumah (KPR) 10-20 tahun. Persyaratan KPR di perbankan usia minimal 21 tahun saat pengajuan.

"Jika KTP luar Palembang harus menyertakan surat keterangan domisili dari lurah setempat saat pengajuan, fotocopy buku nikah, KK, KTP suami istri, pas foto berwarna ukuran 3x4 suami istri, tabungan, surat keterangan konsumen belum memiliki rumah (formulir dari developer), fotocopy NPWP (jika sudah memiliki lebih dari 1 tahun lampirkan SPT tahunan), dan wajib memiliki tabungan aktif di bank lain (cetak rekening koran 3 bulan terakhir)," jelasnya.

Sambungnya, persyaratan KPR untuk karyawan yakni harus memiliki surat keterangan kerja/surat keputusan kerja minimal kerja 3 tahun, slip gaji asli dicap dan ditandatangani 3 bulan terakhir, apabila ditransfer sertakan rekening koran 3 bulan terakhir (gaji pokok minimal Rp2 juta dan maksimal Rp4 juta). Surat keterangan penghasilan (formulir dari developer) dicap dan ditandatangani atasan, denah lokasi kerja, foto tempat kerja (tampak depan kantor, tampak dalam dan konsumen sedang bekerja).

"Lampirkan juga fotocopy kartu pegawai (ID card) atau Kartu Tanda Anggota (KTA), dan SKPG (cap dan ditandatangani oleh atasan dan bagian keuangan), formulir dari developer. Kita bekerjasama dengan BTN, BRI, BNI, dan BSI. Setelah ada persetujuan dari bank baru kita bangun. Proses pengajuan dari konsumen kepada bank sekitar 1-2 minggu, tahap penyelesaian hingga 1 bulan tergantung dengan kondisi di lapangan," pungkasnya. (ant)

Baca Lainnya

close