SMAN Sumsel Gelar PLSA, Ini Tujuannya

PALEMBANG, Kabar28.com,- Tahun ajaran baru 2021/2022 di SMAN Sumsel diawali dengan Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Asrama (PLSA) pada 13-16 Juli 2021. 

Selama 4 hari tersebut, para peserta didik baru diperkenalkan dengan sistem pendidikan di sekolah dan asrama, agar mereka memahami kehidupan dan kegiatan pembelajaran di SMAN Sumsel dengan baik.

Kepala SMAN Sumsel, Iswan Djati Kusuma mengucapkan selamat kepada 100 peserta didik baru, dan dirinya menyambut seluruh peserta didik dengan hangat.

"Saya minta para peserta didik untuk selalu semangat, tidak menyerah dalam menggapai mimpi dan selalu bersyukur dengan apa yang sudah dicapai. To our new students, be happy to join this activity and welcome to our family,” ujarnya.

Kemudian, di hari pertama dan kedua PLSA diisi dengan kegiatan perkenalan sistem sekolah dan asrama. Beberapa guru memberikan materi yang penting bagi seluruh peserta didik untuk mengenal tentang sekolah.

"Mulai dari penjelasan mengenai profil sekolah, program-program sekolah, seperti program utama, program akademik, school branding, mengenal fasilitas sekolah, sistem belajar daring, sistem protokol kesehatan yang harus dipatuhi di asrama, dan cara mengatasi stres selama belajar secara daring," ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut kemudian diakhiri dengan diadakannya sesi tanya jawab atau parallel session, di mana semua peserta didik baru diperbolehkan mengajukan pertanyaan kepada para pemateri yang sebelumnya sudah memaparkan materi.

"Pada hari ketiga dan keempat, diadakan kembali sesi perkenalan aspek-aspek lain yang ada di SMAN Sumsel, mulai dari peraturan sekolah dan asrama, penjelasan tentang ekstrakurikuler di sekolah," bebernya.

Lanjutnya, ada sesi konseling dengan konselor sekolah, program-program kepada peserta didikan, pekenalan gedung sekolah, perkenalan dengan organisasi sekolah seperti Student Council dan Class Union, sesi perkenalan asrama, dan House Choosing.

"Kegiatan kemudian diakhiri juga dengan parallel session dan penutupan kegiatan PLSA secara resmi oleh kepala sekolah SMAN Sumatera Selatan," katanya. 

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan SMAN Sumsel, Eko menuturkan, sebelum peserta didik baru memulai kegiatan PLSA telah dilakukan pengondisian atau pembekalan kepada peserta didik mengenai apa saja yang harus mereka persiapkan.

"Jadwal, mekanisme kegiatan, gambaran kegiatan  selama 4 hari pelaksanaan melalui kegiatan Pra-PLSA yang dilaksanakan pada 12 Juli 2021, setelah Welcoming Assembly seluruh peserta didik oleh kepala sekolah," bebernya.

Masih disampaikannya, sebagai dampak dari pandemi yang belum berakhir, PLSA tahun 2021 masih dilakukan secara daring. Hal ini dikarenakan masih berlakunya peraturan untuk Belajar Dari Rumah (BDR) demi mengurangi resiko tersebarnya virus Covid-19 di lingkungan sekolah dan asrama SMAN Sumsel. Dalam pelaksanaan kegiatan, para peserta didik diberikan jadwal mulai dari bangun tidur hingga malam hari sebelum kembali tidur.

"Semua kegiatan dijalankan dengan penuh antusias oleh para peserta didik, baru guna membiasakan diri dengan kehidupan di asrama. Konsep PLSA sendiri, sekolah mencoba membekali peserta didik mengenai hal-hal yang perlu diketahui tentang sekolah, budaya sekolah, dan kehidupan berasrama. Kemudian melalui PLSA secara daring juga sekolah mencoba mengondisikan peserta didik bagaimana atmosfer suasana asrama agar bisa juga terasa di rumah peserta didik," pungkasnya. (ant)

Baca Lainnya

close