Masyarakat Harus Tingkatkan Kesadaran jaga Tekanan Darah Kurangi Resiko Hipertensi

Ketua YJI Cabang Utama Sumsel

PALEMBANG, Kabar28.com,- Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumatera Selatan, Hj. Fauziah Mawardi Yahya beserta para pengurus mengikuti Webinar Awam "Hipertensi dan Gaya Hidup Sehat" dalam rangka Peringatan Hari Hipertensi se- dunia yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovasculer Indonesia (PERKI) dari Rumah Dinas Wakil Gubernur Sumsel, Sabtu (22/5/2021).

Dikatakan Fauziah, peringatan hari Hipertensi se- dunia ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga tekanan darah, serta faktor resiko hipertensi secara efektif dan berkesinambungan agar mewujudkan hidup sehat.

"Hipertensi merupakan penyakit tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat mengakibatkan berbagai komplikasi kesehatan yang membahayakan nyawa, sekaligus meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung, stroke bahkan kematian," katanya.

Faktor yang bisa meningkatkan resiko hipertensi yaitu, konsumsi makanan tinggi garam berlebihan, kelebihan berat badan atau obesitas, adanya riwayat keluarga dengan kondisi medis yang sama, kurang asupan buah dan sayuran, jarang berolahraga, terlalu banyak makanan atau minuman yang mengandung kafein, mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok.

"Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah hipertensi, yaitu antara lain mengonsumsi makanan sehat, batasi asupan garam, mengurangi konsumsi kafein yang berlebihan, berhenti merokok, berolahraga secara teratur, menjaga berat badan," pungkasnya. (ril)

Baca Lainnya

close