Direktur RSUD OI Diganti, Pelayanan Kesehatan Diharapkan Meningkat

Bupati OI saat diwawancarai awak media

INDRALAYA, Kabar28.com,- Bupati Ogan Ilir (OI), Panca Wijaya Akbar mengonfirmasikan telah mengganti Direktur RSUD OI, Roretta Arta Guna Riama.

"Direktur RSUD sudah diganti dan sudah ditunjuk yang baru," kata Panca kepada wartawan di Indralaya, Senin (17/5/2021).

Adapun pengganti Roretta adalah Mudzakir yang sebelumnya merupakan dokter umum di RSUD setempat.

Penyerahan surat keputusan (SK) Mudzakir sebagai Plt Direktur RSUD OI diserahkan pada 10 Mei lalu.

"Dengan pergantian pimpinan direksi RSUD Ogan Ilir ini, diharapkan pelayanan kesehatan di rumah sakit kita ini semakin baik," ujarnya.

Dirinya menegaskan komitmen peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, terutama dalam hal penanggulangan Covid-19.

Salah satu langkah yang akan ditempuh Panca yakni dengan membenahi administrasi dan meningkatkan kualitas pelayanan di RSUD Ogan Ilir.

"Rumah sakit tipe C ini merupakan sentra pelayanan penanggulangan Covid-19 di Ogan Ilir. Manajemen dan pelayanan harus lebih baik," ujarnya.

Guna memaksimalkan pelayanan dari segi kuantitas tenaga kesehatan (nakes), kata Panca, RSUD Ogan Ilir membutuhkan sedikitnya 300 nakes.

Jumlah tersebut berdasarkan arahan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan. Selain kuantitas, kualitas nakes juga akan ditingkatkan.

Dalam waktu dekat, Pemkab Ogan Ilir akan memverifikasi nakes yang berkompeten. Ini bertujuan untuk meningkatan kualitas SDM para nakes tersebut.

"Ini untuk menjaring SDM yang berkualitas, yang tidak disiplin dan seharusnya mendapatkan punishment, maka akan tersisih dengan sendirinya," jelasnya.

Adapun proses verifikasi nakes ini Rencana dilakukan pada Juni atau Juli mendatang. Hasil verifikasi nakes ini akan menghasilkan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Seluruh nakes akan diverifikasi ulang, dites ulang sesuai standar baru. Kalau memang terealisasi pada Juni atau Juli. Saya pastikan pada tes tersebut tidak ada pungutan maupun titipan. Kalau ada, laporkan kepada saya," pungkasnya. (red)

Baca Lainnya

close