Baznas dan BSI Bersinergi Serap Potensi Zakat

Kerjasama layanan zakat Baznas dan BSI

PALEMBANG, Kabar28.com,- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) luncurkan gerakan cinta zakat secara online, di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Presiden RI Joko Widodo didampingi Wakil Presiden, Ma'ruf Amin mengapresiasi dan mendukung program BAZNAS, terutama dalam penanggulangan kemiskinan serta menjaga amanah dan kepercayaan agar masyarakat merasakan nikmat zakat. 

"BAZNAS diminta menggali potensi penghimpunan dan potensi dengan inovasi, dan menerapkan teknologi digitalisasi dalam menata pengelolaan zakat," ujarnya.

Ketua Baznas, Noor Achmad menuturkan, gerakan cinta zakat adalah upaya memaksimalkan potensi zakat demi kesejahteraan masyarakat. 

"Gerakan ini bertujuan untuk lebih mendorong kehadiran zakat, infak, dan shodakoh (ZIS) di tengah masyarakat, serta memastikan penyalurannya tepat sasaran kepada mereka yang membutuhkan terutama fakir miskin," tuturnya.

Sementara, Gubernur Sumsel yang menyaksikan kegiatan tersebut dari Sumsel Command Center mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan Baznas bukan sunnah melainkan wajib.

"Kita harus mendukung program zakat, karena kewajiban yang dikeluarkan bagi muslim untuk berbagi kepada golongan yang berhak menerima," ungkapnya.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi mengemukakan, melalui kerja sama tersebut diharapkan dapat memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk membayar zakat sehingga mendukung pembangunan ekonomi nasional.

"BSI siap mendukung pengelolaan zakat dari Aparatur Sipil Negara. Terlebih saat ini Baznas tengah mengajukan Keppres terkait pembayaran zakat 2,5% oleh ASN secara potong gaji," bebernya. (rel)

Baca Lainnya

close