DPRD OI Apresiasi Bupati Pekerjakan 109 Nakes yang Dipecat

Ketua DPRD OI, Suharto HS

INDRALAYA, Kabar28.com,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ogan Ilir (OI) mengapresiasi langkah Bupati OI, Panca Wijaya Akbar yang mengembalikan 109 tenaga kesehatan yang sebelumnya dipecat oleh mantan Bupati Ilyas Panji Alam untuk bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat, mulai Selasa (14/4/2021).

Ketua DPRD OI, Suharto HS mengatakan, dengan pengembalian hak 109 tenaga kesehatan (Nakes) itu maka polemik pemberhentian yang sempat menjadi isu nasional dan membuat Ombudsman Sumsel turun tangan menjadi selesai.

“Selain membuat polemik permasalahan yang membuat Ombudsman turun tangan menjadi selesai, pengembalian ini juga membuat 109 nakes yang hampir satu tahun menganggur bisa kembali bekerja,” katanya.

Karena honor 109 nakes itu tidak dianggarkan dalam APBD 2021, dirinya menyarankan sebaiknya Pemkab OI melakukan refocusing anggaran untuk pembayaran honor 109 tenaga kesehatan tersebut.

“Sebaiknya Pemkab OI lakukan refocusing anggaran, atau bisa diajukan dianggarkan perubahan,” ujarnya.

Sementara Ketua Komisi IV DPRD OI, Rizal Mustopa juga mengapresiasi langkah Bupati OI tersebut. Menurutnya, Panca telah membuktikan janjinya saat kampanye.

"Pada dasarnya kami menentang pemberhentian tersebut. Dari hasil penelusuran kami saat itu dengan memanggil sejumlah pihak termasuk 109 nakes, memang tidak ada alasan kuat yang membuat mereka layak dipecat," tandasnya.

Namun, dirinya mengingatkan 109 nakes yang sudah kembali bekerja untuk bekerja secara profesional.

"Sesuai dengan tugas, pokok dan fungsinya, apalagi saat ini pandemi Covid 19 masih berlangsung,” pungkasnya. (rel)

Baca Lainnya

close