Siswa SMKN 8 OI Ciptakan Alat Pencacah Kompos dan Penangkap Sinyal Seluler

Kepala SMKN 8 OI tandatangani MoU inovasi siswa

INDRALAYA, Kabar28.com,- Sebagai bagian dari Forum Bursa Kerja Khusus (FBKK), UPT SMKN 8 Ogan Ilir (OI) sangat antusias mengikuti pameran inovasi hasil karya siswa, di UPT SMKN 2 OI, Senin (12/4/2021).

Adapun, hasil inovasi siswa dari beragam jurusan yang dipamerkan tersebut ialah produk pencacah kompos dan alat penangkap sinyal seluler.

Kepala UPT SMKN 8 OI, Zubaidah Arli Balas mengatakan, alat pencacah kompos tersebut bahan-bahannya memanfaatkan hasil ternak, ataupun limbah rumah tangga seperti bekas sisa makanan seperti nasi atau sayuran, diolah sedemikian rupa sehingga bisa dijadikan pupuk yang dapat dimanfaatkan di pekarangan ataupun dalam penggunaan lebih luas.

"Hasil karya siswa ini diupayakan tidak hanya dimanfaatkan oleh siswa ataupun pihak sekolah, paling tidak warga sekitar sekolah juga bisa memanfaatkan hasil karya ini," katanya.

Sehingga, sambungnya, hasil karya tersebut juga bisa memberikan pendapatan bagi siswa secara materi, terutama bagi warga yang hobi memelihara bunga di pot.

"Hal ini sejalan dengan visi-misi Gubernur Sumsel, yang mengupayakan agar pengangguran dan angka kemiskinan di Sumsel menurun," pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Ogan Ilir diwakili Asisten III, Lukmansyah dan Kabid SMK Disdik Sumsel, Mondya Boni mengukuhkan FBKK OI.

Setelah itu, sejumlah pejabat Pemkab OI dan Disdik Sumsel tersebut meninjau satu persatu seluruh stand peserta pameran industri.

Tak hanya diikuti 17 SMK se- OI, pameran tersebut juga diikuti sejumlah dunia usaha dan industri. (app)

Baca Lainnya

close