BPN OI Sosialisasikan Pelaksanaan PTSL Tahun Anggaran 2021

INDRALAYA, Kabar28.com,- Sesuai Instruksi Presiden No.2 Tahun 2018, tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Seluruh Wilayah Republik Indonesia, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ogan Ilir (OI) melaksanakan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)  dalam Tahun Anggaran 2021.

PTSL merupakan salah satu konsep membangun data bidang tanah batu sekaligus menjaga kualitas data bidang tanah yang ada agar rangkaian data nidang-bidang tanah yang terdaftar lengkap dan akurat.

Maka dari itu, BPN OI melaksanakan Sosialisasi tentang pelaksanaan Kegiatan PTSL pada Jajaran Pemerintahan di Kabupaten Ogan Ilir, mulai dari Pimpinan Tertinggi hingga Kepala Desa yang merupakan garda terdepan dari Pemerintahan Kabupaten Ogan Ilir, wilayah dari program PTSL ini melingkupi 15 Desa yang ada dalam 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Pemulutan, Kecamatan Pemulutan Selatan dan Kecamatan Indralaya Selatan, Kamis (14/1/2021).

Dalam pemaparannya, Kepala BPN OI Manatar Pasaribu menjelaskan, kegiatan PTSL ini menargetkan semua obyek Pendaftaran Tanah dalam satu wilayah fesa/kelurahan, sehingga didapatkan informasi lengkap seluruh bidang tanah baik yang telah terdaftar maupun yang belum didaftar yang bertujuan untuk memobilisasi dan mengkoordinasi Petugas Ukur lebih mudah untuk dilaksanakan dan memberikan nilai manfaat ekonomis (Akses Reforms).

"Program PTSL ini akan terlaksana sesuai harapan bila kendala dan hambatan bisa ditanggulangi dengan baik seperti kurangnya kesadaran dari masyarakat akan pentingnya sertifikat, ataupun juga ketakutan masyarakat terhadap kenaikan nilai pajak/PBB, kemudian juga batas wilayah yang belum ada kejelasan maka dari itu kendala dan hambatan seperti ini diharapkan bisa dituntaskan secara bersama melalui sinergi dari jajaran Pemerintahan Kabupaten Ogan Ilir," jelasnya.

Bupati Ogan Ilir H.M.Ilyas Panji Alam diwakili Asisten I, HA.Rahman Rosyidi menyampaikan, program ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang belum mempunyai surat surat kepemilikan tanah dalam bentuk sertifikat agar administrasi pertanahan di Kabupaten Ogan Ilir tidak terjadi lagi tumpang tindih.

"Pemerintah Ogan Ilir mendukung Pelaksanaan Program PTSL ini agar terwujudnya Ogan Ilir yang tertib administrasi bidang pertanahan," tutupnya. (mua)

Baca Lainnya

close