Asperindo Harus Jadi Wadah Bagi Perusahaan Logistik

PALEMBANG, Kabar28.com,- Gubernur Sumsel H Herman Deru mendukung keberlangsungan usaha jasa pengiriman paket di Sumsel ini.

Hal itu disampaikannya ketika menerima kunjungan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo) Sumsel di ruang tamu Gubernur Sumsel, Rabu (13/1/2021).

"Prinsipnya kita mendukung berkembangnya usaha jasa pengiriman ini. Sebab, usaha ini sangat dibutuhkan masyarakat dan tentu dapat membuka lapangan kerja baru, sehingga mengurangi pengangguran. Tentunya Asperindo Sumsel harus menjadi wadah untuk menghimpun perusahaan-perusahaan logistik tersebut," katanya.

Terlebih, Asperindo Sumsel sendiri akan mengembangkan Sekolah Distribusi dan Logistik. Hal itu menurutnya dapat menjadi sarana bagi masyarakat yang ingin mengembangkan bisnis jasa pengiriman.

"Ini menarik dan dapat menjadi sarana edukasi masyarakat. Saya mengajak DPW Asperindo Sumsel untuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Hal itu terkait dengan keluhan berbagai perusahaan yang tergabung dalam Asperindo Sumsel seperti soal masih terjadinya pungutan liar (pungli) di sejumlah ruas jalan yang dinilai sangat mengganggu kenyamanan dalam pendistribusian paket kiriman, serta keluhan belum tersedianya fasilitas pelayanan pajak jarak jauh," bebernya.

Sementara itu, Ketua DPW Asperindo Sumsel Haris Jumadi mengatakan, sejumlah keluhan tersebut disampaikan mengingat tingginya mobilitas dalam pengiriman paket pelanggan.

"Pungli yang terjadi tentu mengganggu. Memang jumlah yang yang diminta sedikit, namun itu terjadi beberapa kali dalam satu kali jalan. Lalu soal pajak, kita minta adanya kemudahan sehingga kita bisa melakukan perpanjangan pajak tersebut dari mana saja karena mobilitas kendaraan yang tinggi dan tidak selalu berada di tempat," katanya.

Untuk diketahui, saat ini Asperindo Sumsel beranggotakan sedikitnya 43 perusahaan jasa pengiriman baik lokal, nasional maupun internasional. (ril)

Baca Lainnya

close