ASITA Sumsel Segera Gelar Gowes Bersama

PALEMBANG, Kabar28.com,- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 50 tahun 2021 atau Golden Anniversary, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Association of the Indonesian Tours and Travel/Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (ASITA) Sumsel berencana akan menyelenggarakan Gowes secara semi virtual.

“Adapun tema yang kita usung dalam gowes adalah “Tourisme Is Back” atau kembalinya dunia pariwisata,” ujar Ketua DPD ASITA Anthon Wahyudi saat melakukan audiensi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Selasa (12/1/2021).

Ketua DPD ASITA Sumsel Anthon Wahyudi menambahkan audiensi ini guna persiapan gowes atau Fun Bike dalam rangka Golden Anniversary ASITA. Tujuan audiensi ini meminta support dengan Pemkot.

“Tujuan dari kegiatan ini dapat memulihkan iklim dari dunia pariwisata di Kota Palembang, dimasa pandemi Covid-19. Pariwisata kita saat ini sedang turun, kita ingin dengan adanya kegiatan ini bisa kembali mengangkat sektor pariwisata di Kota Palembang,” ujarnya.

Dia melanjutkan Fun Bike ASITA ini dilakukan secara semi virtual, serta untuk peserta sendiri akan memakai aplikasi STRAVA, dengan start serta rute gowes ditentukan sendiri oleh peserta.

Adapun untuk jarak tempuh rute minimal 20 kilometer (km), dan untuk finishnya di lapangan Tembak Jakabaring Sport City (JSC). Untuk jamnya sendiri dimulai dari jam 06.00 WIB, dan berakhir jam 09.00 WIB. Sedangkan untuk pengundian doorprice dimulai pukul 09.30 WIB dan disiarkan juga secara live streaming.

“Tujuannya adalah untuk menghindari kerumunan, tidak dilakukan dalam waktu bersamaan, peserta bisa datang jam berapa saja. Doorprize itu kita sesuaikan berdasarkan kupon undian, dan banyak hadiah yang kita siapkan,” terangnya.

Sesuai arahan, pihaknya akan menyiapkan kupon sebanyak 500. Saat ini untuk peserta yang sudah daftar sebanyak 300 orang, ini terbuka untuk umum.

Adapun umur pesertanya sendiri kita batasi yakni maksimal 60 tahun, dan tidak ada penyakit bawaan.

“Kenapa kita mengusung kegiatan gowes ini di HUT ASITA adalah kita ingin menumbuhkan hidup sehat. Peserta bisa daftar secara online ataupun offline, dan bisa menghubungi diwebnya ASITA. Target kita dari gowes ini sebenarnya untuk menggeliatkan dunia pariwisata ini mulai bangkit, serta industri-industri yang tergabung dipariwisata bisa hidup kembali,” jelasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Walikota bidang Pariwisata, Budaya, dan Industri Kreatif (IK) Kota Palembang sekaligus Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Herlan Aspiudin, menyambut baik dengan adanya event yang diselenggarakan ASITA Sumsel.

“Memang dimasa pandemi covid-19 ini kita membatasi event, jadi mengadakan event tapi semi virtual, bukan full kumpul-kumpul tujuannya untuk menghindari kerumunan. Event tetap berjalan tapi kerumunan tidak terjadi, ini merupakan suatu konsep dimasa pandemi covid-19,” ucapnya.

Dia mengaku pihaknya mendukung event ini, dan diharapkan banyak orang yang mengadakan acara seperti ini supaya banyak orang datang ke Palembang.

“Imbauan kita kepada peserta, dan support kita sebagai peserta, dan dari pihak perhotelan juga mensupport berupa voucher kamar. Harapan kita dengan ASITA supaya semakin maju, dan terus bergerak, karena kalau tidak bergerak maka tidak akan hidup, dan harus bergerak,” pungkasnya. (ant)

Baca Lainnya

close