7 Kabupaten/Kota di Sumsel Bakal Terima Vaksin Sinovac

PALEMBANG, Kabar28.com,- Vaksin Covid-19 Sinovac sudah tiba di Palembang dari Kota Bandung, dan rencananya akan akan didistribusikan di 7 kabupaten/kota di Sumsel.

Kasi Surveliensi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Yusri menerangkan, secara keseluruhan pihaknya mengajukan 5,7 juta vaksin.

“Tahap pertama kita mendapatkan alokasi vaksin sebanyak 58 ribu dosis,” terangnya, Senin (4/1/2020).

Lanjut Yusri, tahap awal 58 ribu dosis, namun karena keterbatasan tempat penyimpanan maka akan diterima 30 ribu dosis terlebih dahulu.

“Hari ini sampai dan akan kita bongkar di gudang vaksin Palembang,” kata Yusri.

Tahap pertama ini untuk tenaga kesehatan, kemudian menyusul tenaga kesehatan lainnya dan masyarakat. Setelah habis 30 ribu dosis ini, maka pihaknya akan memesan lagi 28 ribu dosis dan akan didistribusikan lagi.

Pendistribusian tahap awal ini di 7 Kabupaten/Kota yaitu Palembang, Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin (Muba), Banyuasin, Ogan Ilir (OI), Pali dan Prabumulih. Pihak dari Kabupaten/Kota yang nantinya akan mengambil di provinsi.

Setelah vaksin Sinovac itu sampai, nanti akan disimpan terlebih dahulu di Kabupaten/Kota. Kemudian menunggu info dari pusat terkait ijin edar daruratnya, fatwa MUI nya dan lain-lain.

“Itu semuanya wewenang pusat. Maka sesuai petunjuk pusat dan kalau memenuhi unsur itu  tinggal dilaksanakan. Kalau agenda dari pusat pada 14 Januari 2021 akan mulai penyuntikan perdana. Untuk vaksinasi ini di fasilitas kesehatan dan rumah sakit,” tutupnya. (ard)

Baca Lainnya

close