Anggaran Riset Meningkat Jadi Rp1,73 Triliun

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidika Tinggi (Kemristekdikti) (Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com - Anggaran yang diperuntukkan bagi keperluan penelitian memang tidak sedikit. Karena itu, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidika Tinggi (Kemristekdikti) terus mendorong para peneliti untuk bisa menghasilkan produk inovasi yang bermanfaat.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir menjabarkan anggaran yang akan digunakan dalam kegiatan penelitian sepanjang 2017 ini.

“Jadi saat 2016 lalu, anggaran penelitiannya sebesar Rp1,54 triliun. Di tahun 2017 ini anggaran yang diberikan untuk kegiatan penelitian sebesar Rp1,73 triliun,” ungkapnya di Gedung Dikti, Jakarta, Jumat (6/1).

Sumber dana ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Total sebanyak 13.150 judul penelitian telah ada. Sementara itu, untuk pengabdian masyarakat 2017, terdapat 2.117 judul.

“Jika di tahun 2017 ini bisa berjalan dengan baik, maka penelitian bisa lebih baik dan daya saing akan meningkat,” ucapnya.

Jumlah riset yang dilakukan sendiri jauh lebih besar ketimbang dengan pengabdian pada masyarakat. “Karena pengabdian masyarakat itu kan dasarnya dari sebuah penelitian atau riset yang dilakukan,” imbuhnya.

Sumber : Okezone.com

Baca Lainnya

close