Indonesia-Bulgaria Jajaki Kerjasama Pengembangan Energi Terbarukan

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  - Indonesia dan Bulgaria sedang menjajaki kerja sama riset dan pengembangan teknologi untuk meningkatkan elektrifikasi dari sisi energi baru terbarukan (EBT).

"Masih banyak potensi yang bisa dijajaki kedua negara, kali ini akan dikembangkan untuk teknologi energi baru terbarukan," kata Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria Sri Astari Rasjid di Jakarta, Kamis.

Bulgaria melalui International Power Supply (IPS) akan bekerja sama dengan PT LEN, ITB dan Universitas Pertahanan untuk membuat kajian mengenai teknologi pengembangan.

Sementera itu, Alexander Rangelov selaku Direktur Manajer IPS mengatakan bahwa teknologi yang dimiliki diyakini akan mudah diterapkan di Indonesia. "Teknologi kami cocok digunakan pada daerah panel surya yang memiliki kelembapan udara tinggi, serta terpelosok," kata Alexander Rangelov.

Menurutnya, sebelum pada tahap pengembangan teknologi, maka IPS dan melalui berbagai institusi pendidikan yang sudah berkomitmen akan melakukan riset yang nantinya mampu untuk dikembangkan untuk keperluan peningkatan elektrifikasi.

Kemudian, masih dalam acara yang sama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menegaskan bahwa tugas utama pemerintah adalah memastikan energi yang dihasilkan adil bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Mengolah infrastruktur energi itu salah satu tugas dari investor dan pemerintah daerah terkait, nah tugas utama kami sebagai Kementerian adalah memastikan energi tersebut berkeadilan," kata Menteri ESDM.

Jonan juga mengatakan bahwa masyarakat di Indonesia banyak, dan luas wilayah Nusantara di antaranya sulit dijangkau.

"Apakah bisa mewujudkan bauran energi lebih dari 23% pada 2025? Jawabannya bukan bisa atau tidak melainkan, bukan hal yang mudah untuk itu. Tapi kami sudah mempersiapkan itu semua dari sekarang," katanya.

Dalam pertemuan tersebut Jonan juga membuka peluang bekerjasama dengan perwakilan perusahaan Bulgaria untuk mengembangkan EBT. Sebab, Bulgaria menawarkan pengembangan EBT tenaga surya yang mampu dioptimalkan di wilayah Nusantara yang sulit dijangkau.

Sebelumnya, Menteri ESDM Ignasius Jonan terus mendorong EBT di Indonesia untuk memenuhi target bauran energi EBT sebesar 23% pada 2025.

Sumber : okezone.com

Baca Lainnya

close