Camat Kayuagung Akui Aplikasi se-Paten Kurang Sosialisasi

Camat Kayuagung saat dibincangi awak media, (foto : Holdi/Kabar28.com)

OKIKabar28.com,- Aplikasi Se-Paten atau Synchronize Electronic Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Kota Kayuagung dinilai belum optimal.

Berdasarkan hasil di lapangan, sebagian masyarakat di Kecamatan Kota Kayuagung masih banyak yang belum mengenal, dan tidak paham bagaimana penggunaan aplikasi layanan administrasi berbasis teknologi melalui sistem android tersebut.

Rusdi (38) warga Kelurahan Sukadana yang juga pedagang di kawasan Shoping Center Kota Kayuagung ini menuturkan, meskipun tidak asing lagi dengan nama Se-Paten tapi dirinya  belum pernah menggunakannya. "Belum begitu paham bagaimana proses dan penggunaannya, dari pada susah ribet lebih baik datang ke kantor langsung jika akan mengurus sesuatu," terangnya saat berbincang kepada Kabar28.com.

Hal senada juga diungkapkan Roliansah (25) warga di Kelurahan Jua Jua, waktu awal diluncurkan Se-Paten memang sempat buming namun lama kelamaan hingga sekarang aplikasi itu belum banyak digunakan. "Saya pribadi sudah menggunakan aplikasi ini, namun jika di lihat pada play store atau tempat untuk mendonwload aplikasinnya. Hampir satu tahun lebih ini hanya sekitar 500 orang yang memakai aplikasi Se-Paten ini," katanya.

Berbeda saat pertama kali diresmikan, dengan hadirnya aplikasi Se-Paten yang di gagasan Camat Kota Kayuagung ini diharapkan dapat mempermudah pelayanan agar masyarakat benar-benar mendapat pelayanan yang cepat dan prima.

Sementara itu saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Camat Kota Kayuagung Dedi Kurniawan mengakui kurangnya sosialisasi menjadi salah satu penyebab ketidakpahaman masyarakat menggunakan aplikasi Se-Paten. "Ya, memang kita sadari masyarakat belum banyak yang paham penggunaan aplikasi ini. Kami juga tidak memungkiri, Sosialisasi kepada masyarakat memang tidak begitu gencar dilakukan," jelasnya.

Ia juga mengklaim, seharusnya pihak kelurahan lebih antusias lagi memberikan pemahaman kepada warganya. "Seharusnya Kelurahan dan Desa yang harus mensosialisasikan ini, Kecamatan sendiri tidak bisa jika harus terus melakukan itu. Selain itu kedepan kita akan perbaiki lagi pelayanan maupun desain Se-Paten ini," katanya. (old)

Baca Lainnya

close